Rabu, 13 Februari 2013

Kurikulum 2013


Seperti yang saya ketahuin, Pemerintah akan membuat kurikulum baru di tahun 2013. Dan keputusan tersebut, mendapatkan respon positif dari Pak Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini berarti, Angkatan 2013 dari tingkat SD-SMA akan memakai kurikulum baru. Saya dapet informasi ini dari guru di sekolah saya.
Kurikulum 2013 sangatlah menyenangkan daripada kurikulum-kurikulum sebelumnya. Karena kurikulum 2013 di tingkat SMA meliputi beberapa hal baru, yaitu:
1.      UN tanpa pengawas ruangan
2.    UN akan ada 20 paket/ruangan
3.     Tidak akan ada penjurusan ( IPA, IPS, Bahasa )
4.    Penjurusan akan dilakukan sesuai minat tanpa test terlebih dahulu seperti sekarang
5.     Dan untuk mata pelajaran, kita juga memilih sesuai minat
6.     Pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib
 UN TANPA PENGAWAS RUANGAN
Memang akan lebih menyenangkan, apabila saat melaksanakan Ujian Nasional, tidak ada pengawasnya di ruangan.
20 PAKET SOAL/RUANG SAAT UN
20 paket? Waktu pertamakali aku mendengar bahwa UN akan ada 20 paket soal/ruangan, aku kaget,banyak sekali paket soalnya-_-
TIDAK ADA PENJURUSAN
Gak ada penjurusan? Wah mungkin enak , karena suka-suka muridnya mau belajar mata pelajaran apa saja.
PENJURUSAN DILAKUKAN SESUAI MINAT
Wah, Enak banget kalo penjurusan dilakukan sesuai minat. Jadi gak membebani otak. Penjurusan yang dilakukan sesuai minat ini, akan memfokuskan murid dengan pelajaran apa yang mereka pilih. Misalnya, Susi berminat masuk Fisika. Dengan minatnya, Susi berarti tidak usah belajar Biologi atau Kimia lagi.dan itu sangat mengurangi beban otak.
MATA PELAJARAN SESUAI MINAT
Ini lebih enak lagi. Mata pelajaran sesuai minat? Banyak keuntungannya bagi para murid.
1.      Mengurangi buku yang dibawa kesekolah
2.    Mengurangi pr atau tugas
3.     Ulangan berkurang
PRAMUKA JADI EKSTRAKULIKULER WAJIB
Saya setuju dengan adanya pramuka di jadikan estrakulikuler wajib.Karena, dengan di wajibkannya pramuka, kita dapat mebiasakan diri kita rapih dan disiplin.
Jadi intinya, saya hanya ingin merasakan, Mata pelajaran sesuai minat dan penjurusan dilakukan sesuai dengan yang minat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar